Jadwal Pelaksanaan UKG Kabupaten Buleleng Tahun 2013
Jumat, 31 Mei 2013
Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Profesionalitas guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.
Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru. Dengan demikian, Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan untuk pemetaan kompetensi, sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professional development) serta sebagai bagian dari proses penilaian kinerja untuk mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.
Uji Kompetensi Guru (UKG) di kabupaten Buleleng dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 7 Juni 2013 yang dialokasikan ke dalam tiga tempat yaitu SMA Negeri 1 Singaraja, SMK TI BALI GLOBAL Singaraja, dan SMK Negeri 3 Singaraja yang dibagi dalam 2 (dua) gelombang. Untuk gelombang 1dimulai pukul 08.00 wita – 11.00 wita, dan gelombang 2 dimulai pukul 11.30 wita – 14.00 wita. Demi kelancaran pelaksanaan UKG, maka peserta diharapkan hadir di tempat 30 menit sebelum pelaksanaan UKG dimulai.
Untuk jadwal pelaksanaan dapat anda unduh pada link berikut, yang bertempat di :
Apabila anda ingin latihan UKG secara online anda dapat masuk pada website ukgonline.org yang tidak kalah pentingnya adalah petunjuk teknis sistem UKG dapat anda lihat di youtube. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UKG secara lengkap silahkan donwload langsung pada situs http://sergur.kemdiknas.go.id/.
Selamat berjuang, semoga sukses.
Pengumuman Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2012/2013 Program IPS
Jumat, 24 Mei 2013
Kriteria Kelulusan:
Gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor disebut dengan Nilai Sekolah/Madrasah (Nilai S/M)
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA (Nilai Akhir) yaitu gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% untuk Nilai UN.
Berdasarkan hasil rapat Dewan Pendidik SMA Negeri 1 Banjar yang dilaksanakan hari ini Jum'at tanggal 24 Mei 2013 di Ruang Laboratorium Biologi yang dihadiri sebanyak 92% Dewan Pendidik, menyepakati dengan dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Banjar No.363/I.19.3.4/SMA.1/KM/2013 tentang Kelulusan Siswa dari Satuan Pendidikan.
Berikut disampaikan t tentang kelulusan Siswa SMA Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2012/2013 dalam bentuk tabel. Apabila ingin mengetahui tentang Nilai Sekolah (NS), Nilai Ujian Nasional (UN) dan Nilai Akhir (NA) maka silakan download (gratis) link yang berada di bawah tabel berikut.
060231432
L
060231449
L
060231458
L
060231467
L
060231476
L
060231485
L
060231494
L
060231503
L
060231512
L
060231529
L
060231538
L
060231547
L
060231556
L
060231565
L
060231574
L
060231583
L
060231592
L
060231609
L
060231618
L
060231627
L
060231636
L
060231645
L
060231654
L
060231663
L
060231672
L
060231689
L
060231698
L
060231707
L
060231716
L
060231725
L
060231734
L
060231743
L
060231752
L
060231769
L
060231778
L
060231787
L
060231796
L
060231805
L
060231814
L
060231823
L
060231832
L
060231849
L
060231858
L
060231867
L
060231876
L
060231885
L
060231894
L
060231903
L
060231912
L
060231929
L
060231938
L
060231947
L
060231956
L
060231965
L
060231974
L
060231983
L
060231992
L
060232009
L
060232018
L
060232027
L
060232036
L
060232045
L
Keterangan : L = "Lulus", TL = "Tidak Lulus"
Pengumuman Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2012/2013
Kamis, 23 Mei 2013
Kriteria Kelulusan:
Gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor disebut dengan Nilai Sekolah/Madrasah (Nilai S/M)
Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA (Nilai Akhir) yaitu gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% untuk Nilai UN.
Berdasarkan hasil rapat Dewan Pendidik SMA Negeri 1 Banjar yang dilaksanakan hari ini Jum'at tanggal 24 Mei 2013 di Ruang Laboratorium Biologi yang dihadiri sebanyak 92% Dewan Pendidik, menyepakati dengan dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Banjar No.363/I.19.3.4/SMA.1/KM/2013 tentang Kelulusan Siswa dari Satuan Pendidikan.
Berikut disampaikan t tentang kelulusan Siswa SMA Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2012/2013 dalam bentuk tabel. Apabila ingin mengetahui tentang Nilai Sekolah (NS), Nilai Ujian Nasional (UN) dan Nilai Akhir (NA) maka silakan download (gratis) link yang berada di bawah tabel berikut.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
060230018
L
060230027
L
060230036
L
060230045
L
060230054
L
060230063
L
060230072
L
060230089
L
060230098
L
060230107
L
060230116
L
060230125
L
060230134
L
060230143
L
060230152
L
060230169
L
060230178
L
060230187
L
060230196
L
060230205
L
060230214
L
060230223
L
060230232
L
060230249
L
060230258
L
060230267
L
060230276
L
060230285
L
060230294
L
060230303
L
060230312
L
060230329
L
060230338
L
060230347
L
060230356
L
060230365
L
060230374
L
060230383
L
060230392
L
060230409
L
060230418
L
060230427
L
060230436
L
060230445
L
060230454
L
060230463
L
060230472
L
060230489
L
060230498
L
060230507
L
060230516
L
060230525
L
060230534
L
060230543
L
060230552
L
060230569
L
060230578
L
060230587
L
060230596
L
060230605
L
060230614
L
060230623
L
060230632
L
060230649
L
060230658
L
060230667
L
060230676
L
060230685
L
060230694
L
060230703
L
060230712
L
060230729
L
060230738
L
060230747
L
Keterangan : L = "Lulus", TL = "Tidak Lulus"
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
060230756
L
060230765
L
060230774
L
060230783
L
060230792
L
060230809
L
060230818
L
060230827
L
060230836
L
060230845
L
060230854
L
060230863
L
060230872
L
060230889
L
060230898
L
060230907
L
060230916
L
060230925
L
060230934
L
060230943
L
060230952
L
060230969
L
060230978
L
060230987
L
060230996
L
060231005
L
060231014
L
060231023
L
060231032
L
060231049
L
060231058
L
060231067
L
060231076
L
060231085
L
060231094
L
060231103
L
060231112
L
060231129
L
060231138
L
060231147
L
060231156
L
060231165
L
060231174
L
060231183
L
060231192
L
060231209
L
060231218
L
060231227
L
060231236
L
060231245
L
060231254
L
060231263
L
060231272
L
060231289
L
060231298
L
060231307
L
060231316
L
060231325
L
060231334
L
060231343
L
060231352
L
060231369
L
060231378
L
Keterangan : L = "Lulus", TL = "Tidak Lulus"
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
NO PESERTA UN
KET.
060231387
L
060231396
L
060231405
L
060231414
L
060231423
L
060231432
L
060231449
L
060231458
L
060231467
L
060231476
L
060231485
L
060231494
L
060231503
L
060231512
L
060231529
L
060231538
L
060231547
L
060231556
L
060231565
L
060231574
L
060231583
L
060231592
L
060231609
L
060231618
L
060231627
L
060231636
L
060231645
L
060231654
L
060231663
L
060231672
L
060231689
L
060231698
L
060231707
L
060231716
L
060231725
L
060231734
L
060231743
L
060231752
L
060231769
L
060231778
L
060231787
L
060231796
L
060231805
L
060231814
L
060231823
L
060231832
L
060231849
L
060231858
L
060231867
L
060231876
L
060231885
L
060231894
L
060231903
L
060231912
L
060231929
L
060231938
L
060231947
L
060231956
L
060231965
L
060231974
L
060231983
L
060231992
L
060232009
L
060232018
L
060232027
L
060232036
L
060232045
L
Keterangan : L = "Lulus", TL = "Tidak Lulus"
Selengkapnya tentang Nilai Sekolah (NS), Nilai Ujian Nasional (Nilai UN), dan Nilai Akhir (NA) dapat didownload (gratis) pada link dibawah ini
Cara Belajar Efektif Menhadapi UKK (Ulangan Kenaikan Kelas)
Selasa, 07 Mei 2013
Ulangan Kenaikan Kelas sebentar lagi menjelang, tepatnya tanggal 27 Mei 2013. Sebagai seorang siswa tugas utama adalah belajar dan tekun menuntut ilmu. Sebagai salah satu indikator pencapaian keberhasilan dalam proses menuntut ilmu tersebut salah satunya adalah dicapainya nilai ulangan dengan memuaskan. Selain menumbuhkan rasa bangga pada diri sendiri jika mendapatkan nilai ulangan yang memuaskan juga dapat memeberikan rasa bangga kepada orang tua dirumah dan juga kepada para guru sebagai pendidik. Untuk mendapakan nilai bagus saat ulangan banyak cara yang bisa digunakan tapi jangan pakai cara curang ya, seperti mencontek atau sejenisnya. Nilai bagus dari hasil bukan proses belajar adalah sebuah fotomorgana saja, tidak memberikan peningkatan kualitas diri secara intlektual.
Ok langsung saja, berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk dapat belajar secara efektif dan efesien untuk menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
1. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.
2. Lihat garis besarnya dahulu
Tips cara belajar yang baik dengan melihat garis besar materi. Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jik membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.
3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Tips cara belajar dengan teknik meringkas intisari dari pelajaran. Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada. Tips Cara belajar yang baik bukan?
4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat
Cara Belajar Yang Baik dengan teknik kemampuan mengingat. Agar lebih mudah kamu ingat sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.
5. Belajarlah dengan tekun dan rutin.
Tips cara belajar yang baik dan paling ampuh adalah dengan tekun dan rutin. Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.
Demikian beberapa tips cara belajar yang baik efektif dan efisien untuk anda coba, semoga sukses saat ulangan kenaikan kelas nanti.
Dalam teori kurikulum (Anita Lie, 2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
Struktur kurikulum dalam hal perumusan desain kurikulum, menjadi amat penting. Karena begitu struktur yang disiapkan tidak mengarah sekaligus menopang pada apa yang ingin dicapai dalam kurikulum, maka bisa dipastikan implementasinya pun akan kedodoran.
Di jenjang SMP usulan rancangan struktur kurikulum diperlihatkan pada tabel 2. Bagaimana dengan jenjang SMA/SMK? Bisa diturunkan dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang sudah ditentukan, dan juga perlu diberikan masukan. NB: Untuk melihat tabel 1 dan 2 lebih jelas klik gambar.
Tiga Persiapan untuk Implementasi Kurikulum 2013
ADA pertanyaan yang muncul bernada khawatir, dalam uji publik kurikulum 2013? Persiapan apa yang dilakukan Kemdikbud untuk kurikulum 2013? Apakah sedemikian mendesaknya, sehingga tahun pelajaran 2013 mendatang, kurikulum itu sudah harus diterapkan. Menjawab kekhawatiran itu, sedikitnya ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian untuk implementasi kurikulum 2013. Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid. Ini penting, jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai “macan kertas”.
Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya.
Kedua, pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi dimulai untuk kelas satu, empat di jenjang SD dan kelas tujuh, di SMP, serta kelas sepuluh di SMA/SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan.
Ketiga, tata kelola. Kementerian sudah pula mnemikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal, administrasi buku raport. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah.
Intinya jangan sekali-kali persoalan implementasi kurikulum dihadapkan pada stigma persoalan yang kemungkinan akan menjerat kita untuk tidak mau melakukan perubahan. Padahal kita sepakat, perubahan itu sesuatu yang niscaya harus dihadapi mana kala kita ingin terus maju dan berkembang. Bukankah melalui perubahan kurikulum ini sesungguhnya kita ingin membeli masa depan anak didik kita dengan harga sekarang.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar
kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran, sedangkan penilaian hasil belajar oleh
pemerintah bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada
mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 63 bahwa penilaian hasil
belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan oleh Pemerintah. Penilaian hasil
belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses,
kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian pendidik digunakan untuk
menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran.
Sekolah menyusun program penilaian hasil belajar yang berkeadilan dan
bertanggungjawab. Penyusunan program penilaian hasil belajar didasarkan pada
trasnparansi sistem evaluasi hasil belajar untuk penilaian formal berkelanjutan.
Sekolah menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional yang mengatur mekanisme
penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan penyelesaiannya mengenai hasil
belajar. Penilaian yang dicapai peserta didik dipantau, didokumentasikan secara
sistematis, dan digunakan sebagai balikan kepada peserta didik untuk perbaikan
secara berkala. Penilaian yang didokumentasikan disertai bukti kesahihan,
kehandalan, dan dievaluasi secara periodik untuk perbaikan metode penilaian.
Sekolah melaporkan hasil belajar kepada orang tua peserta didik, komite sekolah dan
institusi di atasnya.
Berkenaan dengan kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2012/2013, maka berikut ini kami sampaikan jadual mata pelajaran yang akan diujikan,